Sabtu, 01 Maret 2014

RPP

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1

Pertemuan : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit

1. Standar Kompetensi
  1. Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
2.Kompetensi Dasar

1.2. Mempraktikkan keterampilan bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).

Indikator

1. Melakukan teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2. Melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3. Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan.
A. Tujuan Pembelajaran

1. Siswa dapat melakukan teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.Siswa dapat melakukan variasi dan kombinasi teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3 Siswa dapat bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina nilai-nilai kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan.

B. Materi Pembelajaran

Permainan Tenis meja
1. Teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2. Variasi dan kombinasi teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3. Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi.

C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part and whole)
4. Permainan (game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
D. Langkah-langkah Pembelajaran 

Pertemuan ke 1

1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
  • Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan pembelajaran.
  • Pemanasan secara umum
  • Berlari mengelilingi lapangan tenis meja
  • Pemanasan khusus tenis meja dalam bentuk permainan
2. Kegiatan Inti (60 menit)
  • Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja dengan koordinasi yang baik.
  • Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja dengan koordinasi yang baik (berpasangan maupun berkelompok).
  • Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan peraturan permainan dimodifikasi).
3. Kegiatan Penutup (15 menit)

· Pendinginan (colling down)
  • Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
  • Berbaris dan berdoa
Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
  • Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan penjelasan tujuan uji kompetensi.
  • Pemanasan secara umum
  • Berlari mengelilingi lapangan tenis meja
2. Kegiatan Inti (70 menit)

Uji kompetensi permainan tenis meja yang terdiri dari :
  • Uji kompetensi memukul forehand dan backhand tenis meja
  • Uji kompetensi servis forehand dan backhand tenis meja
  • Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar permainan tenis meja
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
  • Pendinginan (colling down)
  • Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran yang telah dipelajari
  • Berbaris dan berdoa
E. Alat dan Sumber Belajar

1. Alat Pembelajaran :
  • Bat/pemukul
  • Bola pingpong
  • Lapangan permainan tenis meja atau lapangan sejenisnya
  • Net/jaring tenis meja
  • Peluit
2. Sumber Pembelajaran :
  • Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMA Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta: Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o Buku permainan tenis meja
  • Media elektronik
o Audio/video visual teknik dasar permainan tenis meja
o Rekaman/cuplikan pertandingan tenis meja

F. Penilaian

1. Teknik dan Bentuk Penilaian

a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar memukul forehand, memukul backhand dan servis, unsur-unsur yang dinilai adalah kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal

b. Tes Sikap (Afektif)
Penilaian afektif (Affective Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan sportivitas.
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksimal

c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Format penilaian pembelajaran teknik dasar permainan tenis meja dengan metode resiprokal :
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = —————————————– X 100%
Jumlah skor maksima


Tidak ada komentar:

Posting Komentar