RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Pendidikan Jasmani
dan Kesehatan
Kelas/Semester : X / 1
Pertemuan : 2 kali pertemuan
Alokasi Waktu : 2 X 45 menit
1. Standar Kompetensi
- Mempraktikkan berbagai keterampilan permainan olahraga
dalam bentuk sederhana dan nilai-nilai yang terkandung didalamnya.
2.Kompetensi Dasar
1.2. Mempraktikkan keterampilan
bermain salah satu permainan dan olahraga beregu bola kecil
dengan menggunakan alat dan peraturan yang dimodifikasi serta nilai kerjasama,
kejujuran, menghargai, semangat, dan percaya diri**).
Indikator
1. Melakukan teknik dasar memukul
forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok)
dengan koordinasi yang baik.
2. Melakukan variasi dan kombinasi
teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja
(berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3. Bermain tenis meja dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina
nilai-nilai kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat melakukan teknik
dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan
dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
2.Siswa dapat melakukan variasi dan
kombinasi teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis
meja (berpasangan dan berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3 Siswa dapat bermain tenis meja
dengan menggunakan peraturan yang dimodifikasi untuk menumbuhkan dan membina
nilai-nilai kerjasama, kejujuran dan menghormati lawan.
B. Materi Pembelajaran
Permainan Tenis meja
1. Teknik dasar memukul forehand,
memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan berkelompok) dengan
koordinasi yang baik.
2. Variasi dan kombinasi teknik dasar
memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja (berpasangan dan
berkelompok) dengan koordinasi yang baik.
3. Bermain tenis meja dengan
menggunakan peraturan yang dimodifikasi.
C. Metode Pembelajaran
1. Demontrasi
2. Inclusive (cakupan)
3. Bagian dan keseluruhan (Part
and whole)
4. Permainan (game)
5. Saling menilai sesama teman (Resiprocal)
D. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan ke 1
1. Kegiatan Pendahuluan (15 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan
penjelasan tujuan pembelajaran.
- Pemanasan secara umum
- Berlari mengelilingi lapangan tenis meja
- Pemanasan khusus tenis meja dalam bentuk permainan
2. Kegiatan Inti (60 menit)
- Penjelasan cara melakukan latihan variasi dan kombinasi
teknik dasar memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja
dengan koordinasi yang baik.
- Melakukan latihan variasi dan kombinasi teknik dasar
memukul forehand, memukul backhand, dan servis tenis meja dengan
koordinasi yang baik (berpasangan maupun berkelompok).
- Bermain tenis meja dengan menggunakan peraturan yang
dimodifikasi secara berkelompok (jumlah pemain, lapangan permainan, dan
peraturan permainan dimodifikasi).
3. Kegiatan Penutup (15 menit)
· Pendinginan (colling down)
- Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran
yang telah dipelajari
- Berbaris dan berdoa
Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan (10 menit)
- Berbaris, berdoa, presensi, apersepsi, motivasi dan
penjelasan tujuan uji kompetensi.
- Pemanasan secara umum
- Berlari mengelilingi lapangan tenis meja
2. Kegiatan Inti (70 menit)
Uji kompetensi permainan tenis meja
yang terdiri dari :
- Uji kompetensi memukul forehand dan backhand tenis meja
- Uji kompetensi servis forehand dan backhand tenis meja
- Uji kompetensi variasi dan kombinasi teknik dasar
permainan tenis meja
3. Kegiatan Penutup (10 menit)
- Pendinginan (colling down)
- Evaluasi, diskusi dan tanya-jawab proses pembelajaran
yang telah dipelajari
- Berbaris dan berdoa
E. Alat dan Sumber Belajar
1. Alat Pembelajaran :
- Bat/pemukul
- Bola pingpong
- Lapangan permainan tenis meja atau lapangan sejenisnya
- Net/jaring tenis meja
- Peluit
2. Sumber Pembelajaran :
- Media cetak
o Buku pegangan guru dan siswa SMA
Kelas X, Muhajir, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan, Jakarta:
Erlangga.
o Lembar Kerja Siswa (LKS), Muhajir,
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
o Buku permainan tenis meja
- Media elektronik
o Audio/video visual teknik dasar
permainan tenis meja
o Rekaman/cuplikan pertandingan
tenis meja
F. Penilaian
1. Teknik dan Bentuk Penilaian
a. Tes Keterampilan (Psikomotor)
Lakukan teknik dasar memukul
forehand, memukul backhand dan servis, unsur-unsur yang dinilai adalah
kesempurnaan melakukan gerakan (penilaian proses) dan ketepatan dan kecepatan
melakukan gerakan (penilaian produk/prestasi).
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Proses = —————————————– X
100%
Jumlah skor maksimal
b. Tes Sikap (Afektif)
Penilaian afektif (Affective
Behaviors)
Tes sikap (Afektif) dapat dilakukan
selama siswa melakukan pembelajaran Pendidikan Jasmani di sekolah. Unsur-unsur
yang dinilai : kerjasama, kejujuran, menghargai, semangat, percaya diri, dan
sportivitas.
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Afektif = —————————————– X
100%
Jumlah skor maksimal
c. Tes Pengetahuan (Kognitif)
Format penilaian pembelajaran teknik
dasar permainan tenis meja dengan metode resiprokal :
Jumlah skor yang diperoleh
Penilaian Kognitif = —————————————–
X 100%
Jumlah skor maksima
Tidak ada komentar:
Posting Komentar