Sabtu, 01 Maret 2014

MULTIMEDIA

KATA PENGANTAR 

Puji dan Syukur kami ucapkan kepada Allah S.W.T, karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini akan membahas Manfaat Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. 

Makalah ini dibuat dengan untuk memenuhi tugas akhir pada mata pelajaran multimedia. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini dalam bentuk apapun. 

Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu saya mengundang pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun. Kritik konstruktif dari pembaca sangat saya harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. Akhir kata semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian. 




                                                                                                            Rengat,01 Januari 2014




BAB  I
PENDAHULUAN


I.I. Latar Belakang
     Mutu pendidikan ditentukan oleh kualitas lulusannya, sedangkan kualitas lulusan ditentukan oleh kualitas pembelajaran. Prestasi belajar siswa ditentukan oleh dua faktor, yaitu yang pertama faktor internal yang mencakup fisik,intelegensi,motivasi,perhatian,minat,bakat,dan kesiapan. Kedua faktor eksternal yang terdiri dari faktor keluarga, masyarakat,metode pembelajaran,kurikulum,saran dan prasarana pembelajaran.
    Dengan alasan tersebut media yang dapat menimbulkan perhatian siswa sangatlah penting demi tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan multimedia ini diharapkan pembelajaran dapat lebih menarik dan menumbuhkan semangat siswa untuk mengikuti pembelajaran dengan optimal. Guru sebagai fasilitator,mediator, dan motivator dapat lebih terlihat.

1.2. Rumusan Masalah
Apa manfaat dari multimedian dalam pembelajaran bahasa inggris ?

1.3. Tujuan Penyusunan
Mendeskripsikan manfaat dari multimedia

1.4. Metode Penyusunan
Dalam penyusunan makalah ini penulis menggunakan metode penelusuran melalui internet.


BAB  II 
PEMBAHASAN


2.1. Pengertian Multimedia Pembelajaran

      Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih media yang terdiri dari teks, grafis,gambar,foto, audio, video, dan animasi secara terintregrasi. multimedia terbagi menjadi dua kategori yaitu :
  1.  multimedia linier adalah suatu multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang  dapat dioprasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial (berurutan),contohnya: TV dan film.
  2.  Multimedia interaktif adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat dioprasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang dikehendaki untuk proses selanjutnya. contoh multimedia interaktif adalah multimedia pembelajarn interaktif, aplikasi game, dll.
    Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan yang memungkinkan  terjadinya proses belajar. 

2.2. Asas Penggunaan Multimedia Dalam Pendidikan.

Kehadiran komputer serta teknologi modern yang berkaitan dengan bidang pendidikan mampu membantu meringankan beban serta kekangan yang ada dalam pembelajaran tradisional. Penggunaan teknologi multimedia yang menekankan kepada unsur-unsur pembelajaran interaktif telah membawa persepsi baru dalam era penggunaan komputer dalam bidang pendidikan. Pendidikan masa sekarang mempunyai persamaan dimana hanya tertumpu kepada penggunaan teks dengan bentuk kalimat ataupun nomor. Multimedia berupaya menangani permasalahan ini dengan menyelipkan unsur-unsur yang lebih melibatkan penggunaan media seperti a; audio, teks, dan grafik ke dalam satu media komunikasi.
Penggunaan berbagai media dalam proses penyampaian materi memberikan tampilan yang lebih menarik serta mampu merangsang daya pikir siswa, selain itu jg dengan multimedia tampilan tidak membosankan.

2.3. Objek Multimedia,
Multimedia terdiri dari beberapa objek, yaitu, teks, grafik,image,bunyi, dan video.

2.4. Manfaat Multimedia

Secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siwa dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, serta sikaf belajar siswa dapat ditingkatkan. Manfaat di atas akan diperoleh mengingat terdapat keunggulandari sebuah multimedia pembelajaran yaitu :


  1. Memperbesar benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri elektron dll.
  2. memperkecil benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan disekolah, seperti gajah,rumah, gunung,dll.
  3. Menyajikan benda atau peristiwa yang kompleks ,rumit  dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh manusia.
  4. Menyajikan benda atau peristiwa yang jauh,seperti  bulan,bintang,salju,dll
  5. menyajikan benda atau peristiwa yang berbaya, seperti letusan gunung berapi.
  6. Meningkatkan daya tarik dan perhatian siswa.

BAB III
PENUTUP


3.1.Kesimpulan

      Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih yang terdiri dari teks, grafis, gambar, audio, video, dan animasi secara terintegrasi. multimedia terbagi menjadi dua kategori yaitu : multimedia linier dan multimedia interaktif.Penggunaan teknologi multimedia yang menekankan kepada unsur pembelajaran interaktif telah membawa persepsi baru dalam era penggunaa komputer dalam bidang pendidikan. Multimedia terdiri dari beberapa objek, teks, grafik, dan image, bunyi, dan video. 
      Multimedia mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh media lain. Keistimewaan tersebut adalah :Multimedia menyediakan proses interaktif dan memberikan kemudahan timbal balik, artinya Multimedia memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam menentukan topik proses belajar dan multimedia memberikan kemudahan kontrol yang sistematik dalam proses belajar.
secara umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik, interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat ditingkatkan.

                                                DAFTAR PUSTAKA

http://en.wordpress.com/tag/multimedia-interaktif/
http;//en.wordpress.com/tag/manfaat-multimedia/.
http://www.google.com/objek/multimedia
http://pustekkom.dekdinas.go.id/index.php?pilih=hal&id=70
lidnillah,Dindin Abdul Muiz.2009.kumpulan Artikel aplikasi Multimedia Dalam Pembelajaran
Sudjana,nana.2005.Media Pengajaran, Bandung:Sinar Baru Algensindo
Wirasamodra,Didik.2008.Aspek Desain Pembelajarn pada Pengembangan Multia Pembelajaran

(artikel dalam http://didikwirasamodra.wordpress.com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar