KATA PENGANTAR
Puji dan Syukur kami ucapkan kepada Allah S.W.T, karena
berkat limpahan Rahmat dan Karunia-nya sehingga saya dapat menyusun makalah ini
dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam makalah ini akan membahas Manfaat
Multimedia dalam Pembelajaran Bahasa Inggris.
Makalah ini dibuat dengan untuk memenuhi tugas akhir pada
mata pelajaran multimedia. Oleh karena itu, saya mengucapkan terima kasih yang
sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan
makalah ini dalam bentuk apapun.
Saya menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang mendasar
pada makalah ini. Oleh karena itu saya mengundang pembaca untuk memberikan
saran serta kritik yang dapat membangun. Kritik konstruktif dari pembaca sangat
saya harapkan untuk penyempurnaan makalah selanjutnya. Akhir kata semoga
makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita sekalian.
Rengat,01
Januari 2014
BAB I
PENDAHULUAN
I.I. Latar Belakang
Mutu pendidikan ditentukan oleh kualitas lulusannya, sedangkan
kualitas lulusan ditentukan oleh kualitas pembelajaran. Prestasi belajar siswa
ditentukan oleh dua faktor, yaitu yang pertama faktor internal yang mencakup
fisik,intelegensi,motivasi,perhatian,minat,bakat,dan kesiapan. Kedua faktor
eksternal yang terdiri dari faktor keluarga, masyarakat,metode
pembelajaran,kurikulum,saran dan prasarana pembelajaran.
Dengan alasan tersebut media yang dapat menimbulkan perhatian siswa
sangatlah penting demi tercapainya tujuan pembelajaran. Dengan multimedia ini diharapkan
pembelajaran dapat lebih menarik dan menumbuhkan semangat siswa untuk mengikuti
pembelajaran dengan optimal. Guru sebagai fasilitator,mediator, dan motivator
dapat lebih terlihat.
1.2.
Rumusan Masalah
Apa
manfaat dari multimedian dalam pembelajaran bahasa inggris ?
1.3.
Tujuan Penyusunan
Mendeskripsikan
manfaat dari multimedia
1.4.
Metode Penyusunan
Dalam
penyusunan makalah ini penulis menggunakan metode penelusuran melalui internet.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1. Pengertian Multimedia Pembelajaran
Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih
media yang terdiri dari teks, grafis,gambar,foto, audio, video, dan animasi
secara terintregrasi. multimedia terbagi menjadi dua kategori yaitu :
- multimedia linier adalah suatu
multimedia yang tidak dilengkapi dengan alat pengontrol apapun yang
dapat dioprasikan oleh pengguna. Multimedia ini berjalan sekuensial
(berurutan),contohnya: TV dan film.
- Multimedia interaktif
adalah suatu multimedia yang dilengkapi dengan alat pengontrol yang dapat
dioprasikan oleh pengguna, sehingga pengguna dapat memilih apa yang
dikehendaki untuk proses selanjutnya. contoh multimedia interaktif adalah
multimedia pembelajarn interaktif, aplikasi game, dll.
Sedangkan pembelajaran diartikan sebagai proses penciptaan lingkungan
yang memungkinkan terjadinya proses belajar.
2.2.
Asas Penggunaan Multimedia Dalam Pendidikan.
Kehadiran
komputer serta teknologi modern yang berkaitan dengan bidang pendidikan mampu
membantu meringankan beban serta kekangan yang ada dalam pembelajaran
tradisional. Penggunaan teknologi multimedia yang menekankan kepada unsur-unsur
pembelajaran interaktif telah membawa persepsi baru dalam era penggunaan
komputer dalam bidang pendidikan. Pendidikan masa sekarang mempunyai persamaan
dimana hanya tertumpu kepada penggunaan teks dengan bentuk kalimat ataupun
nomor. Multimedia berupaya menangani permasalahan ini dengan menyelipkan
unsur-unsur yang lebih melibatkan penggunaan media seperti a; audio, teks, dan
grafik ke dalam satu media komunikasi.
Penggunaan
berbagai media dalam proses penyampaian materi memberikan tampilan yang lebih
menarik serta mampu merangsang daya pikir siswa, selain itu jg dengan
multimedia tampilan tidak membosankan.
2.3.
Objek Multimedia,
Multimedia
terdiri dari beberapa objek, yaitu, teks, grafik,image,bunyi, dan video.
2.4.
Manfaat Multimedia
Secara
umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik,
lebih interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siwa
dapat ditingkatkan dan proses belajar mengajar dapat dilakukan dimana saja dan
kapan saja, serta sikaf belajar siswa dapat ditingkatkan. Manfaat di atas akan
diperoleh mengingat terdapat keunggulandari sebuah multimedia pembelajaran
yaitu :
- Memperbesar
benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman, bakteri
elektron dll.
- memperkecil
benda yang sangat besar yang tidak mungkin dihadirkan disekolah, seperti
gajah,rumah, gunung,dll.
- Menyajikan
benda atau peristiwa yang kompleks ,rumit dan berlangsung cepat atau
lambat, seperti sistem tubuh manusia.
- Menyajikan
benda atau peristiwa yang jauh,seperti bulan,bintang,salju,dll
- menyajikan
benda atau peristiwa yang berbaya, seperti letusan gunung berapi.
- Meningkatkan
daya tarik dan perhatian siswa.
BAB III
PENUTUP
3.1.Kesimpulan
Multimedia adalah media yang menggabungkan dua unsur atau lebih
yang terdiri dari teks, grafis, gambar, audio, video, dan animasi secara
terintegrasi. multimedia terbagi menjadi dua kategori yaitu : multimedia linier
dan multimedia interaktif.Penggunaan teknologi multimedia yang menekankan
kepada unsur pembelajaran interaktif telah membawa persepsi baru dalam era
penggunaa komputer dalam bidang pendidikan. Multimedia terdiri dari beberapa
objek, teks, grafik, dan image, bunyi, dan video.
Multimedia mempunyai keistimewaan yang tidak dimiliki oleh media
lain. Keistimewaan tersebut adalah :Multimedia menyediakan proses interaktif
dan memberikan kemudahan timbal balik, artinya Multimedia memberikan
kebebasan kepada peserta didik dalam menentukan topik proses belajar dan
multimedia memberikan kemudahan kontrol yang sistematik dalam proses belajar.
secara
umum manfaat yang dapat diperoleh adalah proses pembelajaran lebih menarik,
interaktif, jumlah waktu mengajar dapat dikurangi, kualitas belajar siswa dapat
ditingkatkan.
DAFTAR
PUSTAKA
http://en.wordpress.com/tag/multimedia-interaktif/
http;//en.wordpress.com/tag/manfaat-multimedia/.
http://www.google.com/objek/multimedia
http://pustekkom.dekdinas.go.id/index.php?pilih=hal&id=70
lidnillah,Dindin
Abdul Muiz.2009.kumpulan Artikel aplikasi Multimedia Dalam Pembelajaran
Sudjana,nana.2005.Media
Pengajaran, Bandung:Sinar Baru Algensindo
Wirasamodra,Didik.2008.Aspek
Desain Pembelajarn pada Pengembangan Multia Pembelajaran
(artikel
dalam http://didikwirasamodra.wordpress.com)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar