Observasi pelayanan public di kantor
pln cab pekanbaru
1. prosedur pelayanan yaitu
kemudahan tahapan pelayanan yang diberikan ke masyarakat dilihat dari sisi
kesederhanaan alur pelayanan :
Ø Ada
beberapa prosedur yang harus di lakukan oleh calon pelangan pln yang ingin
mendapat pelayanan :
1. calon
pelangan harus melakukan pendaftran melalui loket pln
2. calon
pelanmgan membayar biaya pembangunan dan strum perdana sesuai dengan nomor
registrasi
3. petugas pln
melakukan survey kelokasi yang akan pasang baru
4. petugas pln
melakukan pemasangan dan calon pelangan menandatangani surat perjanjian jual
beli tenaga listrik
5. penyalaan dapat
dilakukan setelah calon pelangan memiliki sertifikat layak operasi
2. Persyaratan pelayanan,
yaitu persyaratan teknis dan administrasi yang diperlukan untuk mendapatkan
pelayanan sesuai dengan jenis pelayanan nya
Ø Untuk
mendapatkan pelayanan pln pekanbaru calon pelanggan di wajib jan membuat
laporan di kantor pln pekanbaru, setelah itu calon pelanggan di wajibkan
mengisi formulir pendaftaran dan menulis kan jenis pelayanan yang ingin di
dapatkan dan di kenakan biaya sesuai dengan jenis pelayanan yang ingin di dapat
kan tersebut.
3. Kejelasan petugas pelayanan,
yaitu keberadaan dan kepastian petugas yang memberikan pelayanan (nama,jabatan
serta kewenangan dan tanggung jawab)
Ø Kejelasan
petugas dikantor ini dapat dikatakan sangat baik semua petugas sudah bekerja
dengan profesioal dalam memberikan
pelayanan kepada masyarakat,
4. Kedisiplinan petugas
pelayanan, yaitu kesungguhan petugas dalam memberikan pelayanan terutama terhadap konsistensi waktu kerja
sesuai dengan ketentuan yang berlaku
Ø Kedisiplinan
petugas pelayanan dikantor ini dapat dikatakan memiliki kedisiplinan yang
sangat baik pada jam-jam kerja yang telah ditetapkan mereka semua berada pada
ruang kerja atau meja kerja
masing-masing, hal tersebut tidak terlepas dari ketat nya pengawasan yang di
lakukan oleh pimpinan mereka yang seringkali mengawasi kerja pegawai di kantor
ini.
5. Tanggung jawab petugas
pelayanan,yaitu kejelasan wewenang dan tanggung jawab petugas dalam
penyelenggaraan dan menyelesaikan pelayanan
Ø Petugas
pelayanan di kantor ini memiliki tanggung jawab yang kurang baik, karna pada
saat terjadi keluahan dari masyarat mengenai pelayan di kantor pln seringkali
saling lempar kesalahan,misalnya petugas di kantor tersebut menyebut kesalahn
itu terjadi karena petugas di lapangan.
6. Kemampuan petugas
pelayanan,yaitu tingkat keahlian dan keterampilan yang dimiliki petugas dalam
memberikan dan menyelesaikan pelayanan dalam masyarakat
Ø
dalam pengamatan saya beberapa hari yg lalu
petugas di kantor ini belum melaksanakan tugas nya dengan baik, karna banyak
nya masyarakat yang mengeluh kan pelayanan dari pln seperti tagihan listrik
yang di nilai tidak sesuai yang di gunakannya.
7. Kecepatan pelayanan,
yaitu target waktu pelayanan dapat
diselesaikan dalam wak tu yang telah ditentukan oleh unit penyelenggara
pelayanan
Ø
Ada beberapa hal kecepatan pelayanan dikantor
ini yang terbilang sangat baik seperti pembayaran tagihan listrik, namun ada
juga jenis kecepatan pelayanan yang dinilai kurang baik seperti pemasangan
aliran listrik yang baru
8. Keadilan mendapatkan
pelayanan, yaitu pelaksanaan pelayanan yang tidak membedakan golongan atau
status masyarakat yang dilayani
Ø
Keadilan mendapatkan pelayanan di kantor ini se4pintas
terlihat baik karna pelayanan dikantor ini memakai sistem antrian atau nomor
urut, tetapi ada juga oknum-oknum dikantor ini yang memanfaatkan jabatan dan
kewenangan nya untuk memberikn kemudahan pelayanan pada pihak-pihak tertentu,maraknya
oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab membuat masyarakat resah dan tidak
nyaman maka pt.pln memberikan kemudahan bagi pelangan yang ingin pasang baru
dan tambah daya listrik tanpa harus pergi kekeantor pln,cukup menggunakan
fasilitas kontak senter pln 123 permohonan pasang baru atau taqmbah daya yang
dilakukan melalui pelayanan cc pln 123 akan langsung tercatat pada sistem
informasi pelayanan pelangan atau pelangan dapat membayar biaya yang telah
ditentukan ke bank atau loket resmi pln.
9. Kesopanan dan
keramahan petugas,yaitu sikap dan perilaku petugas dalam memberikan pelayanan
kepada ,masyarakat secara sopan dan ramah serta saling menghargai dan saling
menghormati
Ø
Kesopana
dan keramahan petugas ini di nilai biasa-biasa saja dibandingkan dengan
lrmbaga-lembaga pelayanan public swasta lain nya misalnya rumah sakit swasta
dan lainnya. Seharusnya sebagai satu-satunya perusahaan listrik dinegri ini
harus bisa memberikan pelayanan yang optimal salah satunya dari sisi keramhan
dan kesopanan.
10 Kewajaran biaya
pelayanan, yaitu keterjangkauan masyarakat terhadap biaya yang di tetap kan oleh
unit pelayanan
Ø
Biaya pelaynana yang telah ditetapkan oleh pihak
pln dinilai kurang wajar, seperti biaya pasang baru yang membutuhkan biaya
besar sehingga masyarakat kalangan bawah kesulitan bahkan tidak mampu untuk
melakukan pasang baru atau berlangganan dengan pln.
11 Kepastian biaya
pelayanan,yaitu kesesuaian biaya yang dibayar dengan biaya yang telah
dikeluarkan dengan biaya yang ditetapkan
Ø
Kepastian biaya pelayanan dikantor ini sudah
sesuai dengan yang telah ditetapkan, karna pada tempat atau ruangan pelayanan
dikantor pln telah dituliskan secara jelas daftar biaya-biaya sesuai dengan
jenis pelaynan yang diinginkan.
12 Kepastian jadwal
pelayanan, yaitu pelaksanaan waktu pelayanan sesuai dengan ketentuan yang telah
ditetap kan
Ø
Kepastian jadwal pelayanan yang diberika oleh pln pekanbaru boleh
dikatakan kurang baik dilihat dari banyak nya keluhan pelanggan yang mengeluhkan
ketidaksesuaian jadwal yang telah ditetapkan oleh pihak pln, seperti dalam
jenis pelayana pasang baru masyarakat harus menunggu pemasangan dalam waktu
yang cukup lama.
13 Kenyamanan pelayanan ,yaitu
kondisi sarana dan prasarana pelayanan yang bersih rapid an teratur sehingga dapat memberikan
rasa nyaman bagi penerima pelayanan
Ø
Kenyamanan lingkungan dikantor ini dapat
dikatakan kurang baik karna kondisi ruang tunggu yang kurang besar atau tidak
sesuai kapasitas, dilihat dari banyak nya yang ingin menerima pelayanan tidak
mendapatkan tempat duduk atau berdiri menunggu antrian umtuk mendapatkan
pelayanan
14 Keamanan pelayanan yaitu
terjamin nya tingkat keamanan lingkungan unit penyelengara pelayanan atau pun
sarana yang digunkan sehingga masyarakat merasa tenang untuk mendapatkan pelayanan terhadap resiko-resiko
yang dapat diakibatklan dari pelaksanaan pelayanan
Ø
Dikantor pln cabang pekanbaru tingkat keamanan
pelayanan tergolong sangat baik,dilihat dari banyak nya petugas keamanan yang
da dikantor tersebut, seperti security yang berjaga di kantor tersebut.
Dr Itua cure my HIV, I have been a ARV Consumption for 10 years. i have been in pains until i came across Dr Itua on blogs site.I emailed him about my details of my HIV and my location i explained every thing to him and he told me that there is nothing to be scared of that he will cured me, he gave me guarantee,He ask me to pay for items fees so when i'm cured I will show gratitude I did and giving testimony of his healing herbs is what I'm going to do for the rest of you out there having HIV and other disease can see the good work of Dr Itua.I received his herbal medicine through EMS Courier service who delivered to my post office within 5 working days.Dr Itua is an honest man and I appreciate him for his good work.My GrandMa called him to appreciate him and rest of my friends did too,Is a joy to me that I'm free of taking Pills and having that fat belle is a nightmare.you will understand what i'm talking about if you have same problem I was having then not now though.I'm free and healthy Big Thanks To Dr Itua Herbal Center.I have his calendar too that he recently sent me,He Cure all kind disease Like,Cancer,Herpes,Hiv,Hepatitis B,Fibroid,Diabetes,Dercum,Copd ,and also Bring back Ex Lover Back..Here his Contact .drituaherbalcenter@gmail.com Or Whats_app Number +2348149277967
BalasHapus