Sabtu, 01 Maret 2014

PENGERTIAN DAN SEJARAH SEPAK TAKRAW

A.Pengertian & Sejarah Sepak Takraw
Sepak takraw adalah jenis olahraga campuran dari sepak bola dan bola voli, dimainkan di lapangan ganda bulu tangkis, dan pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan. Kejuaraan paling bergengsi dalam cabang ini adalah King's Cup World Championships, yang terakhir diadakan di BangkokThailand.
Permainan ini berasal dari zaman Kesultanan Melaka (1402 - 1511) dan dikenal sebagai Sepak Raga dalam bahasa Melayu. Bola terbuat dari anyaman rotan dan pemain berdiri membentuk lingkaran.
Catatan sejarah terawal tentang sepak raga terdapat dalam sejarah Melayu. Ketika pemerintahan Sultan Mansur Shah Ibni Almarhum Sultan Muzzaffar Shah (1459 - 1477), seorang puteranya bernama Raja Ahmad telah dibuang negeri karana membunuh anak Bendahara akibat persengketaan ketika bermain sepak raga. Raja Ahmad kemudiannya diangkat menjadi Sultan di Pahang, bergelar Sultan Muhammad Shah I Ibni Almarhum Sultan Mansur Shah.
Pada tahun 1940-an hal ini berubah dengan menggunakan jaring dan peraturan angka. Di Filipina permainan ini disebut Sipa, di Burma disebut Chinlone, di Laos disebut Kator, dan di Thailand disebut Takraw.

.Peraturan Permainan
Peraturannya sama dengan bola voli, dengan perbedaan :
      1.   Pemain tidak boleh menyentuh bola dengan tangan
      2.   Pemain atau tim hanya boleh menyentuh bola 3 kali berturut-turut
      3.   Posisi pemain bertahan tidak diputar


C.Sarana & Prasarana

1.Lapangan
* Ukuran lapangan P: 13,42 m , L : 6,10 m.
* Bebas rintangan setinggi 7,32 m.
* Baris batas tebalnya tidak boleh lebih dari 3,8 cm diukur dari dalam.
* Garis tengah tebalnya 3,8 cm.
* Perempat lingkaran
jumlahnya ada 4 buah yang di buat pada kedua garis tengah dengan jari-jari 91 cm dan tebal garis 3,8 cm. Perempat lingkaran ini adalah tempat untuk melambungkan bola kepada pemain yang akan melakukan sepak mula (servis) lingkaran sepak mula dimuat pada kedua bagian lapangan jari-jari 0,31 m dan dibuat titik pusat berjarak 2,44 m dari garis belakang dan 3,05 m dari garis sampingan.

2.Tiang
Dua tiang di pasang sebelah kiri dan kanan, tinggi 1,55 m dari lantai penampang tiang 3,8 cm. Jarak tiang dengan garis batas samping lapangan 31 cm.

3.Jaring atau Net
Jaring atau net di permainan sepak takraw terbuat dari nilon. Untuk membuat net petak lubang 4-5,3 cm panjang 6,7m, lebar 0,72 m, dengan tinggi net 1,55 m pada kedua tiang dan 1,524 tinggi net di tengah lapangan.

4.Bola
Bola terbuat dari rotan berlapis 9 atau 11 lilitan yang di anyam bulat. Lingkaran 41-43 cm dengan jumlah lubang 12, berat bola 160-180 gr.
5.Pemain Sepak Takraw
Tiap regu terdiri atas 3 orang pemain apit kanan, apit kiri, dan tekong.

6.Pergantian Pemain
Pergantian pemain di sepak takraw hanya sekali pergantian pemain tiap regu.

7.Pakaian Pemain
Pakaian pemain yaitu T-shirt, celana pendek, dan bersepatu karet.

8.Pemimpin Pertandingan
Yaitu seorang wasit (official referee) dan wasit pembantu (service judge). Posisi kedua wasit saling berhadapan berseberangan dipinggir lapangan.




PENUTUP
Sepak Takraw adalah kata Malaysia untuk menendang. Takraw adalah kata Thai untuk bola tenunan tangan awalnya digunakan dalam permainanJadi permainan adalah menendang bola dasarnya. " Regu adalah Malaysia untuk "tim" empat orang, tiga starter dan satu pemain pengganti.

Olah raga ini menjadi Takraw resmi dikenal sebagai . Takraw adalah kata Malaysia untuk kick dan Takraw adalah kata Thai untuk bola tenunan, karena itu Takraw  secara harfiah berarti untuk menendang bola. Pemilihan nama ini untuk olahraga pada dasarnya merupakan kompromi antara Malaysia dan Thailand,dua negara raksasa olahraga.

2 komentar:

  1. kenapa tidak ada setiap babaknya harus berapa,dan jumla pemain sepak takraw

    BalasHapus
    Balasan
    1. jumlah ada.. cuman keknya ketinggalan setiap babaknya berapa

      Hapus