Sabtu, 01 Maret 2014

CARA MEMOTIVASI SISWA DALAM BELAJAR

Cara memotivasi siswa dalam belajar

Pemberian penghargaan untuk memotivasi
Pemberian penghargaan seperti nilai, hadiah dsb, mungkin efektif bagi sebagian siswa (biasanya bagi anak kecil) namun metode ini harus digunakan secara hati-hati karena berpotensi menciptakan kompetisi. Namun demikian, penggunaan metode ini dapat melahirkan motivasi internal.
 Beberapa tujuan dalam pemberian penghargaan ini adalah:
1.      Meningkatkan perhatian peserta didik.
2.      Memudahkan peserta didik selama proses pembelajaran.
3.      Membangkitkan dan memelihara motivasi.
4.      Mengendalikan dan mengubah tingkah laku belajar yang negatif ke arah tingkah laku belajar yang produktif.
5.      Mengatur dan mengembangkan diri sendiri dalam mengajar.
6.      Mengarahkan cara berpikir tingkat tinggi.

Beberapa bentuk dari pemberian penghargaan:
 bentuk tulisan, ucapan, barang, dan penghargaan khusus.
1.      Penghargaan berupa ucapan.
Pemberian penghargaan ini dapat dilakukan dengan direncanakan terlebih dahulu  bersifat
Spontan Yang terpenting bahwa setiap siswa yang menunjukkan suatu usaha, maka layak dihargai.


Pemberian pujian bagi siswa yang berpatisipasi aktif dalam proses pembelajaran, seperti kata-kata YESS!”
(sambil mengancungkan jempol tangan), “
Excelent”
(dua jari membentuk huruf V), “
Thank
you
Very Much’
(ke
dua tangan diacungkan ke atas) dll.
2.      Penghargaan berupa tulisan.
Hal ini dapat dilakukan setiap hari, ketika siswa mengerjakan tugas atau PR. Penghargaan ini
diberikan dengan cara guru menuliskan di buku catatan atau tugas siswa, berupa kata pujian, terutama bagi siswa yang berhasil mendapat nilai bagus. Kalimat pujian tersebut diantaranya “Selamat,
you are
the best student
“ , “
Alhamdulillah
, kamu anak pintar “, “ pacu terus prestasimu “.
3. Penghargaan berupa barang/benda.
   Berbagai benda sebenarnya dapat dija
dikan alat penghargaan, baik benda yang sudah ada
maupun yang telah dimodifikasi/disiapkan.
Misalnya memberikan penghargaan berupa Bintang,
terbuat dari kertas karton/asturo berukuran kecil bagi siswa yang mendapat nilai tinggi (80-100) baik latihan soal, tugas maupun PR
Kalung medali pelajaran, terbuat dari gabus yang menyerupai sebuah
medali dengan menggunakan tali warna. Medali dibuat khusus untuk setiap mata pelajaran, dan
diberikan kepada siswa setiap selesai ulangan harian. Siswa yang mendapat nilai
tertinggi dalam ulangan harian berhak menerima medali.

   Sewaktu-waktu tidak ada salahnya apabila guru memberikan penghargaan berupa uang jajan,
walaupun dengan nilai nominal yang relatif kecil. Bagi siswa terkadang bukan besar kecilnya uang tetapi kebanggaan mendapatkannya dari guru yang dicintainya.

Langkah-Langkah Penerapannya Dalam Kelas

1.      menyiapkan peserta didik secara psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
2.       Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran
3.      minta siswa untuk menjelaskan
4.      Memberikan kesempatan kepada siswa siapa yang mau menjawab

5.      Bagi siswa yang bisa menjawab dengan benar, berikan motivasi berupa acungan jempol dan sekaligus memberikan hadiah terhadap siswa tersebut.       

Tidak ada komentar:

Posting Komentar