Cara
memotivasi siswa dalam belajar
Pemberian penghargaan untuk memotivasi
Pemberian penghargaan seperti
nilai, hadiah dsb, mungkin efektif bagi sebagian siswa (biasanya bagi anak
kecil) namun metode ini harus digunakan secara hati-hati karena berpotensi
menciptakan kompetisi. Namun demikian, penggunaan metode ini dapat melahirkan
motivasi internal.
Beberapa
tujuan dalam pemberian penghargaan ini adalah:
1. Meningkatkan perhatian peserta
didik.
2. Memudahkan peserta didik selama
proses pembelajaran.
3. Membangkitkan dan memelihara
motivasi.
4. Mengendalikan dan mengubah tingkah
laku belajar yang negatif ke arah tingkah laku belajar yang produktif.
5. Mengatur dan mengembangkan diri
sendiri dalam mengajar.
6. Mengarahkan cara berpikir tingkat
tinggi.
Beberapa bentuk dari pemberian
penghargaan:
bentuk tulisan,
ucapan, barang, dan penghargaan khusus.
1. Penghargaan berupa ucapan.
Pemberian
penghargaan ini dapat dilakukan dengan direncanakan terlebih dahulu bersifat
Spontan Yang terpenting bahwa setiap
siswa yang menunjukkan suatu usaha, maka layak dihargai.
Pemberian pujian bagi siswa yang
berpatisipasi aktif dalam proses pembelajaran, seperti kata-kata YESS!”
(sambil mengancungkan jempol
tangan), “
Excelent”
(dua jari membentuk huruf V), “
Thank
you
Very Much’
(ke
dua tangan diacungkan ke atas) dll.
2. Penghargaan berupa tulisan.
Hal ini dapat dilakukan setiap hari,
ketika siswa mengerjakan tugas atau PR. Penghargaan ini
diberikan dengan cara guru
menuliskan di buku catatan atau tugas siswa, berupa kata pujian, terutama bagi
siswa yang berhasil mendapat nilai bagus. Kalimat pujian tersebut diantaranya
“Selamat,
you are
the best student
“ , “
Alhamdulillah
, kamu anak pintar “, “ pacu terus
prestasimu “.
3. Penghargaan berupa barang/benda.
Berbagai benda sebenarnya dapat dija
dikan alat
penghargaan, baik benda yang sudah ada
maupun
yang telah dimodifikasi/disiapkan.
Misalnya
memberikan penghargaan berupa Bintang,
terbuat
dari kertas karton/asturo berukuran kecil bagi siswa yang mendapat nilai tinggi
(80-100) baik latihan soal, tugas maupun PR
Kalung
medali pelajaran, terbuat dari gabus yang menyerupai sebuah
medali
dengan menggunakan tali warna. Medali dibuat khusus untuk setiap mata
pelajaran, dan
diberikan
kepada siswa setiap selesai ulangan harian. Siswa yang mendapat nilai
tertinggi
dalam ulangan harian berhak menerima medali.
Sewaktu-waktu tidak ada salahnya apabila guru memberikan penghargaan
berupa uang jajan,
walaupun dengan nilai nominal yang
relatif kecil. Bagi siswa terkadang bukan besar kecilnya uang tetapi kebanggaan
mendapatkannya dari guru yang dicintainya.
Langkah-Langkah Penerapannya Dalam
Kelas
1. menyiapkan peserta didik secara
psikis dan fisik untuk mengikuti proses pembelajaran;
2. Mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang
berhubungan dengan materi pembelajaran
3. minta siswa untuk menjelaskan
4. Memberikan kesempatan kepada siswa
siapa yang mau menjawab
5. Bagi siswa yang bisa menjawab dengan
benar, berikan motivasi berupa acungan jempol dan sekaligus memberikan hadiah
terhadap siswa tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar